Friday, June 21, 2013

11 cara menjadikan otak agar lebih cerdas

Bloginfo-Ada penelitian yang menarik soal otak, para ilmuwan darUniversity of California, Berkeley, AS, pernah melakukan penelitian otak tikus dan ternyata otak tikus tumbuh 4 persen ketika dihadapkan dengan menjalankan tugas mental setiap harinya, misal melalui lorong yang berliku-liku, memanjat tangga atau kayu dan ketika mereka bersosial dengan sejenisnya.

Nah kalau otak tikus saja bisa dilatih tumbuh, apalagi otak manusia, semakin dilatih pasti otak kita bisa lebih tajam dan peka, maka mulailah melatih otak anda agar lebih tajam dan peka.


Inilah 11 cara menjadikan otak agar lebih cerdas 

  1. Latih pengamatan anda, anda bisa mulai melatihnya dengan mengamati sekitar anda dari hal yang ringan hingga hal yang berat.
  2. Asahlah Indra anda, anda bisa memulai dengan menebak nebak bau bauan, rasa suhu sekitar panas atau dingin, meraba benda dengan menutup mata dll.
  3. Pelajari sesuatu hal yang baru, bisa dimulai dari hobi saudara yang belum kita kuasai, bisa dengan membaca-baca buku atau dengan mempelajari pengetahuan yang bukan bidang anda.
  4. Menghafal nama-nama teman beserta nomor handphone mereka.
  5. Melatih otak untuk berfikir 2 hal bersamaan, seperti belajar bermain gitar, mengetik tanpa melihat keyboard dll.
  6. Menekuni hobi, gunakan kesempatan ini untuk mengasah otak.
  7. Hafalkan dan pelajari tanggal-tanggal penting, seperti tanggal lahir keluarga, teman atau tanggal perayaan tertentu.
  8. Hafalkan hal yang anda sukai, seperti lirik lagu, puisa, pantun, lebih baik kalau berbahasa asing.
  9. Menulis angka-angka secara acak dan menghafalnya, misal 4584726481967263725 , atau menghafal bilangan pecahan dll.
  10. Mengingat hal yang sudah anda lakukan, seperti kesalahan beberapa jam yang lalu, mengingat apa yang sudah anda perbuat
  11. teliti dan ingat-ingat ulang pengeluaran harian anda..
Latihan-latihan diatas akan menjadikan sel otak tetap aktif dan jaringan penghubung antar sel otak semakin rapat. kegiatan mental atau hal baru yang menantang akan meningkatkan jumlah sirkuit aktif atau simapsis dalam otak, semakin banyak sirkuit maka semakin besar pula kemampuan mengingat.

0 komentar:

Post a Comment

◄ Newer Post Older Post ►